Sepatu Original Tenggelam, Sepatu Replika Tumbuh Subur | Sneakersholic.com
- Tidak ada komentar

Sepatu Original Tenggelam, Sepatu Replika Tumbuh Subur



real vs fake shoes
Ilustrasi
Melihat dari judulnya mungkin para Sneakersholic sedikit kebingungan, apa maksudnya dari sepatu original tenggelam lalu sepatu replika tumbuh subur, saya disini hanya ingin sedikit berpendapat demikian melihat kondisi yang realistis di pasar sepatu indonesia, mengenai penjualan sepatu original ada beberapa faktor yang merubah rithme market shoes dan tentu saja tidak terlepas dari pengaruh mata uang Rupiah yang semakin hari semakin melemah terhadap US Dollar, apa dampaknya..? bayangkan saja jika kita compare dengan nilai tukar Rupiah di tahun 2010 yang kurang lebih di angka 8.XXX/USD dengan sekarang yang melebihi angka 13.000/USD selama kurang dari 5 Tahun selisih pelemahan nilai tukar rupiah terhadap US Dollar hampir 38% dan itu akan semakin bertambah setiap tahunnya (prediksi saya). lalu apa masalahnya?? kita lanjut bahas..

Dengan nilai tukar Rupiah yang melemah terhadap US Dollar dan mata uang lainnya, tentu saja akan menaikan value sepatu original di pangsa Global, sehingga impact nya harga sepatu import di pasar domestik melambung tinggi, jika sudah begini pasar mencari alternatif lain dan industri sepatu global khususnya China memanfaatkan situasi ini dengan membuat replika shoes dengan menjualnya dengan harga miring di pasaran, lalu kenapa China memproduksi sepatu Original dan juga Replika? jawabannya sangat sederhana, karena kedua jenis kualitas sepatu itu bisa meraup semua segmen pasar sepatu.

Situasi ini diperparah dengan produsen domestik yang ikut memproduksi sepatu replika, hal ini mungkin bisa meningkatkan produktifitas industri sepatu domestik, tapi impact buruknya replika itu sama dengan menjiplak hak cipta dan mengaburkan spesifikasi sepatu di pasar. diperparah dengan semakin ramainya jual-beli sepatu terlebih di media internet, banyak pasar yang tertipu dengan kualitas sepatu replika yang sangat otentik sekali dengan sepatu original, seller nakal memanfaatkan itu dengan memberi label original dan menjualnya dengan harga yang miring, dan untuk pembeli yang tidak begitu paham akan kualitas sepatu dan orientasi utamanya mencari sepatu yang murah pasti akan tergiur.

Kondisi di atas tentu saja membuat prediksi saya terhadap pasar sepatu di Indonesia akan semakin buruk, ini ditandai dengan semakin jarangnya Seller yang menjual produk sepatu original karena harganya semakin mahal dan sulit bersaing dengan sepatu replika, sehingga banyak seller sepatu berpindah berjualan sepatu replika karena dinilai lebih laku dan menguntungkan, tentu ini membuat situasi dimana sepatu original tenggelam dan sepatu replika tumbuh subur. ini semua cuman pengamatan kami dari Tim SneakersHolic berdasarkan riset sederhana. tentu pasar sepatu Original pun semakin berkembang dan mudah dicari dengan semakin banyaknya store resmi di indonesia, tapi saingan beratnya (sepatu replika) tumbuh lebih cepat lagi.

0 komentar:

Posting Komentar